Sumber Kekuatan Bala Tentara

Hati ibarat raja yang mengataur bala tentara. Ia memberi perintah dan berbuat sesuka hati. sementara mereka semua berada dibawah perbudakan dan kekuasaannya. Mereka akan lurus atau menyeleweng itu mengikutu keinginannya, baik yang diperintahkan maupun yang dilarang.( DR. AHMAD FARID, 15)

Tentara yang kuat sudah pasti memiliki raja yang kuat dan gagah perkasa tanpa aksara yang membebaninnya. 

Tak bisa dipungkiri setiap yang dialiri darah pastilah memiliki beban, akan teteapi raja yang kita maksud diatas adalah raja yang tangguh, cerdas dan berani melawan beban yang diemban. Sehinggah ia menjadi raja yang kuat dan disegani oleh tentarnya.

Ujub, sombong, iri dan dengki merupakan musuh nyata bagi sang raja. Oleh karena itu, raja harus menghiasi dirinya dengan banyak membaca quran  tak lepas dari dzikir dan lelalu berpegang teguh pada keyakinan. Cukup satu musuh sang raja akan tumbang, karena tentaranya sudah tidak terdidik dengan baik.

Latilah para tentara dengan ilmu-ilmu yang bermanfaat bagi kehidupan di masa depan yang cemerlang. 

Janganlah kita menjadi raja yang memanfaatkan pulus untuk memuluskan semua urusan. Carilah ilmu seluas samudra setinggi everest dan sekuat  the greet wall in china. Tapi tak perlu terburu-buru karena semua itu sulit untuk di taklukan bahkan mustahil karena kita diberi batasan oleh sang pencipta. 

Apa salahnya melewati batas?

Jikalaupun bulldosher yang menjaga garis tak ada salahnya untuk menklukannya. 

Raja diwajibkan untuk haus ilmu. 

Ilmu yang dimaksud adalah ilmu yang terarah dan ilmu yang bermanfaat bagi kepentingan umat karena jika ilmu yang dimaksud untuk kepentingan duniawi tanpa memikirkan masa kelak maka kehancuran menanti di segala sudut ruang tanpa mengenal waktu. 

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer